Terminal Automation System

by Globalindo Jaya Perdana

COMPANY OVERVIEW

TERMINAL AUTOMATION SYSTEM ini dirancang dan dikembangkan oleh PT. GLOBALINDO JAYA PERDANA, perusahaan ini berdiri sejak tahun 2006 bergerak dibidang distributor flow meter merk ISOIL IMPIANTI.
Perusahaan ini merupakan mitra kerja dari PT. PERTAMINA (PERSERO) yang lingkup kerjanya adalah di depot-depot seluruh Indonesia.
Sebagai tambahan perusahaan ini juga dapat mendisain produk otomasi untuk kebutuhan yang khusus pada depot penyaluran Bahan Bakar Minyak yang disebut dengan TERMINAL AUTOMATION SYSTEM (TASystem).
Perusahaan ini didukung oleh tenaga-tenaga ahli dibidang Aplication Programing, IT Profesional, Electrical dan Mechanical yang telah berpengalaman dalam menangani project Automation System.
Berikut ini beberapa project Automation System yang telah selesai dikerjakan,

  • Depot Pertamina Labuhan Deli Medan Sumatera Utara
  • Depot Pertamina Plumpang Jakarta
  • Depot Pertamina Balongan Indramayu Jawa Barat
  • Depot Pertamina Tasikmalaya Jawa Barat
**Next Project Instalasi Tanjung Priuk Jakarta


TASystem

Pada TASystem ini menyediakan monitoring dan reporting penyaluran Bahan Bakar Minyak di depot-depot secara efisien, aman dan terkendali dari semua aspek.
Dalam pengoperasiannya TASystem ini mengadopsi suatu client-server arsitektur yang terdiri dari 2 (dua) server yaitu Database Server dan Polling Flow Meter Server.
Sedangkan terminal Client terdapat dalam proses Validasi, GateIn, GateOut dan Administrator, jumlah terminal client dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Dalam pengoperasiannya TASystem menggunakan IButton (ID Badge Mounting Option) sebagai identitas supir mobil tangki.
Bila dibanding dengan system ID Card, dalam pemakaian sehari-hari IButton ini terbukti sangat kuat & handal.

IButton & Reader

TASystem Proses

Proses Gate In pada proses Gate In ini supir mobil tangki melakukan penempelan IButton (ID Mobil Tangki) untuk mendapatkan print struk yang menentukan Filling Point/Flow Meter dimana tempat melakukan loading/pengisian, selanjutnya mobil tangki menuju pada proses loading/pengisian.

Proses Loading/Pengisian pada proses Loading/pengisian ini supir mobil tangki melakukan penempelan IButton (ID Mobil Tangki) pada Filling Point/Flow Meter sesuai dengan print struk yang didapatkan pada proses Gate In sebelumnya, setelah proses loading/pengisian selesai selanjutnya menuju proses Gate Out

Proses Gate Out pada proses Gate Out ini supir mobil tangki kembali melakukan penempelan IButton (ID Mobil Tangki) pada proses Gate Out ini akan mendapatkan print Surat Jalan / Bukti Pengiriman BBM, selanjutnya mobil tangki keluar dari depot menuju ketempat pelanggan/konsumen.

Global Polling Flow Meter

Bisa memonitor sampai dengan 80 Flow Meter (sudah terpasang di Depot Plumpang) dengan konektifitas yang stabil dan kompatible dengan beberapa merk Flow Meter.

Contoh Display GLOBAL POLLING FLOW METER untuk 80 FLOW METER




Contoh Display GLOBAL POLLlING FLOW METER untuk 13 FLOW METER




Contoh Display GLOBAL POLLING FLOW METER untuk 1 FLOW METER